Masalah Pendidikan di Indonesia

Posted by Yonis Kurniawan on Minggu, 13 Maret 2011 | 0 komentar

Go Green!! Slideshow: Yonis’s trip from Mojokerto, Java, Indonesia to Surabaya was created by TripAdvisor. See another Surabaya slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.


Masalah masalah mengenai pendidikan ini dipandang sebagai hal yang dominan dalam kaitannya dengan kemajuan pendidikan di Negara kita ini,masalah masalah ini akan dijabarkan sedemikian sehingga kita bias menelusuri factor apa yang sebenarnya menjadi kendala tersendatnya pendidikan kita ini.hal ini di jabarkan sbb:


Faktor Ekonomi
Faktor Ekonomi ini adalah factor yang sangat dominan berpengaruh terhadap dunia pendidikan sekarang ini, karma system pendidikan kita yang mahal guna menunjang kegiatan belajar mengajar dibutuh kan suatu dana operasional untuk terselenggaranya system pengajaran yang baik.
Di sampinh sebagai dana operasional juga sebagai pemenuhan fasilitas fasilitas yang untuk mendukung kemampuan intelektual murid di sekolahan.
Bila hak itu ( khususnya factor ekonomi ) tidak bias di antisipasi, dikhawatirkan hal itu akan berdampak negatif terhadap dunia pendidikan kita ,seperti halnya putus sekolah. Hal itulah yang menjadi dasar kalangan masyarakat kita, mengapa mereka dengan mudah memutuskan sekolah anak anak mereka, padahal hal itu sangat keliru , Tapi disisi lain mereka berfikir untuk makan saja sulit apalagi untuk sekolah yang biayanya mahal, dan nanti setelah lulus tidak terjamin kesejah teraannya.
Agapan masyarakat yang seperti inilah yang menjadi kendala untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tingi, tapi hal itu tidak boleh terus berlalu, hal itu adalah tanggung jawab kita semua untuk bias membenahi anggapan masyarakat yang keliru mengenai dunia pendidikan kita ini.


Faktor Kedisiplinan
Factor Kedisiplinan ini sendiri berkaitan erat dengan factor ekonomi, karena apabila tersedianya ekonomi yang baik maka dengan sendirinya pendidikan ini akan berjalan dengan baik tanpa ada hambatan yang megganjal jalannya operasional dalam kegiatan belajar mengajar. Faktor kedisiplinan sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan setiap anak didik. Hal ini yang masih kurang biasa diserap oleh anak didik maupun Lembaga-lembaga Pendidikan.


Faktor Keluarga
Faktor Keluarga sangat mendukung perkembangan pendidikan bagi anak didik itu sendiri. Keluarga diharapkan mengarahkan dan memberikan motivasi yang dapat memicu semangat anak didik untuk memperoleh pendidikan yang sesuai dengan keinginan dan cita-citanya.
Selain berperan dalam membimbing anak didiknya, keluarga diharapkan bisa memberikan arahan - arahan untuk bisa mengembangkan bakat dan prestasi nya, baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakatnya.
Hal-hal di atas merupakan faktor-faktor atau masalah yang sangat berperan dalam Sistem Pendidikan di Negara kita. Apabila hal tersebut tidak segera diterapkan, maka jutaan anak akan putus sekolah tanpa masa depan yang jelas. Tentunya hal ini sangat berpengaruh pada perkembangan dan masa depan Bangsa.